Raker PA 2021 dan Pase Meusilak

oleh

Catatan H Murthalamuddin, S.Pd. M.Sp

metropesawat.id – PA sudah memastikan Mualem sebagai calon Gubernur diPilkada akan datang. Calon sudah di elus. Tentu mulai sekarang kerja kerja politik sudah wajib terprogram.

Dan Mualem kelahiran Pase. Pasti basis dukungan beliau dari Pase. Pemilu lalu beliau menang tipis di Pase. Ada Tarmizi A Karim menyaingi. Kedepan kayaknya dari Pase beliau mendominasi. Kecuali H Sudirman ( H Uma) maju.

Tapi apa yang sedang bergolak di Pase patut di cermati. Ketidakpuasan atas kinerja eksekutif dan legislatif disana memuncak. Terutama Aceh Utara. Demo mahasiswa dan aparatur gampong terus terjadi.

Menurut saya PA sedang bunuh diri di Pase. Pasalnya Bupati Cek Mad adalah Ketua PA Aceh Utara. Ketua DPRK juga dari partai yang sama. Bayangkan ketika 15 ribu aparatur itu menjadi lawan. Dan mereka melawan PA ke depan.


Dan seperti kita ketahui. Mereka umumnya penyelenggara Pemilu di tingkat pertama. Selama ini mereka kabarnya turut membela PA. Baik dengan cara benar. Atau dengan cara ” main sulap”.

Pilkada 2017 Pase masih dikuasai PA. Walau menang tipis. Saat Bireun, Pidie, Aceh Rayek, Abdya dan Aceh Selatan lepas dari genggaman.