Sekretaris Gampong Ditempa Bimtek Pemberdayaan Kapasitas Kearsipan

oleh

ACEH TIMUR, metropesawat.id | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Timur Gelar Pemberdayaan Kapasitas Kearsipan Bagi Sekretaris Gampong, yang dilaksanakan, Rabu (6/10/2021) di aula kantor setempat.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan di bidang kearsipan sekaligus memberikan pembinaan teknik kearsipan bagi Sekretaris Gampong.

Demikian disampaikan Kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ir. Ahmad melalui Sekretaris T. Jalaluddin, SH, MH.

Menurutnya, meskipun sejauh ini pihaknya belum mampu sepenuhnya memberikan pembinaan secara menyeluruh kepada semua Sekretaris yang berada di 514 Gampong dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur namun kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap,” sebut T. Jalaluddin.

lebih lanjut ia mengatakan kegiatan ini diharapkan ke depan akan mampu membuat masyarakat di Gampong untuk mengenal dan memahami akan pentingnya dan berguna nya sebuah kearsipan sebagai bukti nyata apa yang telah diperbuat pada waktu yang lalu yg berupa tulisan ataupun dalam bentuk lainnya.

Oleh karena itu, meskipun acara ini hanya diikuti oleh Sekretaris Gampong per Kecamatan namun acara akan dikemas sebaik mungkin agar para peserta lebih bisa memahami dan mencerna dari apa yang sudah disampaikan oleh para narasumber sehingga nantinya akan mampu diaplikasikan di tempat mereka bekerja.

Sehingga dampak dari hasil terebut bisa membawa perubahan dan pembaharuan dalam hal pengelolaan kearsipan. Baik itu arsip yg dinamis maupun arsip in aktif karena para Sekretaris Gampong sudah mendapatkan peningkatan SDM dalam hal pengelolaan Kearsipan,”demikian ujarnya.

Sementara itu ketua Panitia pelaksana, Endang Wiliana, SE dalam laporannya mengatakan, acara ini berlangsung selama satu hari yg diikuti sebanyak 30 orang peserta yang terdiri dati pada Sekretaris Gampong yang berasal dari Kecamatan Darul Aman dengan menghadirkan pemateri yang berasal dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Aceh dan Kabupaten Aceh Timur. [Iska].