Dayah Insan Qura’ni Nurussalam Sukses Laksanakan Daurah Tahfiz Ramadhan

oleh

ACEH TIMUR, metrooesawat.id | Dayah Insan Qur’ani Nurussalam Kabupaten Aceh Timur sabtu. 24 April 2022,melaksanakan daurah tahfiz ramadhan.

https://metropesawat.id/category/berita-aceh-timur/

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat bagi hamba yang beribadah tulus dan ikhlas, begitulah yang di tunjukkan oleh para santri Dayah Insan Qur’ani Nurussalam, yang lebih familiar dikenal Dayah IQN.

Berbeda dengan ramadhan tahun sebelumnya, ramadhan tahun ini lebih di semarakan dengan rangkaian kegiatan daurah Tahfizul Qur’an yang di ikuti oleh para santri Dayah IQN dan juga terbuka untuk umum bagi pelajar di luar dayah IQN yang ingin meningkatkan kualitas dan kuantias hafalan Al-Qur’an.

Rangkaian kegiatan berlangsung selama 15 hari, di mulai dari tanggal 10 April s/d 24 April 2022. Kegiatan ini di pelopori langsung oleh Ketua Pelaksana yaitu Ustad, Mhd Rajabil Fahmi, S.Pd.I, “ kegiatan ini juga mendapat respon positif dan dukungan penuh dari wali santri dan di harapkan kegiatan ini terus berlanjut di ramadhan berikutnya”, pungkas ustadz, fahmi.

Kegiatan ini juga langsung di bimbing oleh ustadz, berpengalaman di bidangnya baik lulusan dari luar negeri atau dalam negeri,
Dan Alhamdulillah, sehingga menghasilkan hafizd atau hafizah yang berbakat dan patut di berikan apresiasi setinggi-tingginya,”ungkap ustad fahmi.

Pada menutupan acara Daurah Syahru Ramadhan sore menjelang iftar sabtu, 23 April 2022, para santri di berikan apresia berupa tropy dan uang saku yang memperoleh jumlah hafalan terbanyak pada tiap-tiap halaqah yang di bimbing langsung oleh para ustadz dan ustadzah halaqah, “jelas ustad fahmi.

Berikut urutan nama para santri yang memperoleh hafalan terbanyak :

  1. Jaisyul Arsyi 25 juz ( 5 Juz 5 Lembar)
  2. Nazwa Anaya Faasri 9 juz ( 3 Juz 1 Lembar)
  3. Dwilda Aulia 9.5 juz ( 2 Juz 3 Lembar)
  4. M. Alief Alfarisi 15 juz (2 Juz 3 lembar)
  5. Nazila Putri 20 juz ( 2 Juz )
  6. M. Zia Ulhaq 5.5 juz ( 2 Juz )

Ustad Rajabil Fahmi juga menambahkan bahwa di bulan Ramadhan ini ada sekitar 7 santri Dayah IQN yang mengikuti Musabaqah Tunas Ramadhan (MTR) tingkat provinsi Aceh yang diselenggarakan di kabupaten Bireuen, Alhamdulillah salah satu peserta putri atas nama Nanda Safira dari Dayah IQN berhasil mewakili kabupaten Aceh Timur dalam Musabaqah Tunas Ramadhan tingkat Provinsi Aceh.” jelas nya.

Selama kegiatan Daurah Ramadhan ini, salah satu santri Dayah IQN bernama ananda Reza Fahlevi kelas XI telah berhasil mengkhatamkan hafalan Al-Qur’an 30 Juz di bawah bimbingan pimpinan Dayah IQN yaitu ust Muzakkir Zulkifli,S.Ag. beliau juga mengucapkan selamat kepada santri DIQN yang begitu semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan Daurah Ramadhan di Dayah IQN.

Harapan besar untuk para santri yang mendapat apresiasi atau penghargaan menjadi awal semangat terus belajar terus meningkatkan hafalan menjadi Hafidz dan hafizah teledan bagi umat yang dapat mengubah atmosfir generasi kedepan lebih cinta dan mentadabburi Alqur’an yang akan menjadi syafaat di akhirat kelak, “harap ustad Fahmi. [Hasballah].