TPPI P3MD Aceh Timur Gelar Rakor

oleh

ACEH TIMUR, metropesawat.id | Koordinator Tenaga Pendamping Profesional Indonesia Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPPI-P3MD) Kabupaten Aceh Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), bertempat di aula Kantor Camat Idi Rayeuk, Rabu, (20/7/2022).

https://metropesawat.id/category/berita-aceh-timur/

Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh Timur Adlinsyah, S.STP, M.AP.

Adlinsyah, S.STP, M.AP. Kepala DPMG dalam sambutan dan arahannya meminta kepada semua TPPI P3MD Aceh Timur agar terus melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai level masing-masing.

Katanya, TAPM, PD, PLD agar progres penyaluran terus meningkat, penataan usahaan terus tertib, permasalahan makin berkurang,” kata Adlinsyah.

“Ciptakan kadernisasi warga desa agar ada SDM yang bisa kita handalkan kedepan dalam memandirikan Gampong di Aceh Timur,’ harap Adlinsyah.

Sementara itu, Yusmiadi Koordinator Kabupaten (Korkab) TPPI P3MD Aceh Timur juga menyampaikan terimakasih kepada Kadis DPMG yang selama ini menjadi mitra kerja yang sangat aspiratif dalam mendorong kami TPPI P3MD untuk lebih proaktif lagi dalam pendampingan penggunaan Dana Desa.

“Rakor dilaksanakan satu hari full dengan memaparkan beberapa materi yang sangat urgen sekarang ini seperti:

  1. Progres Penyaluran Dana Desa Tahun 2022.
  2. Transformasi UPK eks PNPM menjadi Bumdesma
  3. Gampong Cepat Salur 2022 dan Gampong Potensi Cepat Salur 2023.
  4. IDM Berbasis SDGs, Daily Report Pendamping, Evaluasi Kinerja dan Disiplin TPPI.
  5. Monev Dana Desa dan Permasalahan
  6. Monev BLT, BNBA dan BLT.
  7. Monev Sarana Prasana dan Non Sarana Prasarana.
  8. Monev PPKM Mikro.

Yusmaidi menambahkan bahwa dana Desa Tahun 2022 tahap 1 sudah tersalur ke 513 Gampong, Tahap 2 masih tersisa belum salur 89 Gampong.

“Kami tegaskan kepada 24 Koordinator Kecamatan dan kepada 24 Pendamping Desa di level Kecamatan harus tuntas di akhir Juli 2022,” pinta Yusmaidi.

Selain itu, Pemda Aceh Timur bersama kami TPP P3MD perpanjangan tangan Kemendesa PDTT di Kabupaten Aceh Timur mempunyai target penyaluran Dana Desa 2023,” katanya.

“Tahun 2022 Aceh Timur mendapat predikat Kabupaten 4 Besar Tercepat Salur Dana Desa 2022 dengan menyumbang 9 Gampong.

Sementara, pada tahun 2023 kita menargetkan minimal satu kecamatan 2 Gampong. “Insyalalah di Januari 2023 Aceh Timur bisa menargetkan 28 Gampong bisa tersalur di bulan Januari,” demikian pungkas Yusmaidi. [Iska].