Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdikbud Aceh Timur Launching Aplikasi Belajar Online “BANGKOMAR”

oleh
Sekretaris Disdikbud Aceh Timur, Muslim Z SPd MPd, memprakarsai lahirnya aplikasi BANGKOMAR untuk meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Timur, dalam kegiatan launching Senin (22/8/2022).

ACEH TIMUR, metropesawat.id | – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Timur meluncurkan aksi perubahan kinerja organisasi atau Learning Management System (LSM) yaitu berupa Aplikasi Pengembangan Kompetensi Aparatur (BANGKOMAR).

Launching dilakukan oleh Pj Bupati Aceh Timur, Ir Mahyuddin Syeh Kalad MSi, diwakili oleh Kepala Disdikbud Aceh Timur, Saiful Basri SPd, MPd, di aula dinas setempat, Senin (22/8/2022).

https://metropesawat.id/category/berita-aceh-timur/

Launching itu turut dihadiri oleh Kepala BKPSDM Aceh Timur, Kepala Dinas Syariat Islam, Pejabat Diskominfo Aceh Timur, dan sejumlah pejabat dari instansi terkait lainnya.

Program dalam rangka memperkenalkan inovasi baru untuk metode pembelajaran bagi tenaga pendidik ini digagas oleh Sekretaris Disdikbud Aceh Timur, Muslim Z SPd MPd, yang saat ini sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I, di PUSLATBANG KHAN LAN 2022.

Sekretaris Disdikbud, Muslim Z SPd MPd, mengatakan launching aplikasi BANGKOMAR ini, merupakan bagian dari tahapan kegiatan aksi perubahan kinerja organsiasi yang menjadi tugas akhir PKA Angkatan I tahun 2022 yang akan dipresentasikan pada seminar akhir di PUSLATBANG KHAN LAN Aceh Besar pada 30 Agustus 2022 mendatang.

Manfaat aplikasi BANGKOMAR ini, jelas Muslim, untuk peningkatan mutu pelayanan pendidikan di Kabupaten Aceh Timur.

“BANGKOMAR merupakan aplikasi dalam metode pembelajaran secara online yang bertujuan untuk memudahkan peserta dan tenaga didik dalam proses belajar-mengajar,” katanya.

Selain itu, adanya sistem manajemen pengelolaan data kompetensi guru yang efektif dan efisien, terdatanya kegiatan peningkatan kapasitas yang dilaksanakan oleh Disdikbud Aceh Timur.

“Serta adanya kesetaraan untukmemperoleh akses yang sama dalam peningkatan kapasitas individu bagi setiap tenaga pendidik di seluruh Kabupaten Aceh Timur,” jelasnya.

Aplikasi Lembaga Management System BANGKOMAR ini, jelasnya, merupakan rangkaian kegiatan inovasi yang diharapkan dapat menyelesaikan isu-isu strategis di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Timur, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kadisdikbud Aceh Timur Saiful Basri SPd MPd, mengatakan Pemkab Aceh Timur, menyambut baik launching Learning Management System, Pengembangan Kompetensi Aparatur BANGKOMAR, untuk guru di Disdikbud Aceh Timur ini.

“Semoga dengan diluncurkannya LSM BANGKOMAR ini, pengembangan kompetensi aparatur ini menjadi inovasi perubahan untuk Aceh Timur yang lebih baik,” ungkap sekda.

“Kita menyadari betapa pentingnya mutu pendidikan dalam menghadapi segala tantangan saat ini. Karena itu, kami sangat mengapresiasi Disdikbud Aceh Timur, mewujudkan inovasi dalam pembaharuan metode belajar mengajar untuk tenaga pendidik,” ungkapnya, seraya berharap ASN harus mampu memanfaatkan teknologi dan media dalam menunjang performanya sebagai guru.

“Semoga dengan aplikasi LSM BANGKOMAR ini, proses belajar mengajar dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, dan tidak ada lagi kendala jarak dan waktu untuk mengembangkan diri saat ini. Guru di Aceh Timur, harus selalu mengembangkan kompetensi untuk siap berkompetisi,” pesan Ir Mahyuddin.[*]