Buka Sosialisasi FKUB, Ini yang Disampaikan Kepala Kemenag Aceh Timur

oleh

ACEH TIMUR, metropesawat.id | Kepala Kemenag Aceh Timur, H. Salamina, S.Ag, M.A membuka kegiatan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

https://metropesawat.id/category/berita-aceh-timur/

Kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dilaksanakan di aula kemenag Aceh Timur, Selasa (30)8/2022).

Kepala Kemenag Aceh Timur H. Salamina, S. Ag. MA dalam sambutannya mengatakan bahwa, FKUB harus tampil pada garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat terutama mengenai pentingnya memperkuat komitmen kebangsaan dan menjunjung tinggi sikap toleransi terhadap sesama.

“Terlepas dari perbedaan budaya dan agamanya menolak tindakan atau cara kekerasan baik secara fisik maupun verbal, serta menghargai tradisi dan budaya masyarakat lokal yang sangat beragam,” kata Salamina.

Salamina berharap FKUB untuk terus mengembangkan kerjasama, sinergitas, dan kolaborasi bersama berbagai organisasi dan komunitas yang ada di masyarakat.

“Antara lain, komunitas pemuda, komunitas perempuan lintas iman dan entitas lainnya dalam melaksanakan kegiatan sosial-ekonomi tanpa memandang perbedaan budaya dan agama,” demikian ujar Salamina.

Sementara itu Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Aceh Timur Tgk. H Hasanuddin menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan terus dapat memperkuat solidaritas, toleransi antar umat beragama di Kab. Aceh Timur.

“Bangsa ini dibangun oleh para pendiri bangsa dengan perbedaan, oleh karena itu kita semua mempunyai tanggung jawab menjaga dan merawat perbedaan termasuk perbedaan umat beragama,” ujar Hasanuddin.

Katanya, pemahaman agama itu tidak boleh ekstrem, keras dan harus menghargai kepercayaan orang lain, yang bertujuan agar bisa hidup berdampingan dan saling hormat menghormati,” demikian kata Tgk. Hasanuddin.

Turut hadir diantaranya, Kepala Kemenag Aceh Timur H. Salamina, S. Ag. M.A, Kapolres Aceh Timur diwakili oleh AKP Zainsir, Dandim 0104/Atim Pa Sandi Kodim 0104/Atim Letda Inf Saifuddin, Kepala Kesbangpol Aceh Timur Iskandar, S.H, Ketua FKUB Aceh Timur Tgk H Hasanuddin, Kajari Aceh Timur diwakili oleh Cherry Arida, S.H, Mahkamah Syariah Idi Islahul Umam, S.Sg, MPU Aceh Timur diwakili Tgk Shafruddin, Dinas Syariat Islam Aceh Timur diwakili Azhar, S.E dan tamu undangan. [Iska].