Empat Lembaga Bersatu, Sepakat Kembalikan Kiblat Pramuka ke Aceh Timur

oleh
Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Aceh Timur, Dr Firman Dandy SE MSi salam komando dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri SPd MPd, dan Kacabdin Aceh Timur, Rahmatsah Putra, dan Kakan Kemenag Aceh Timur, H Salamina SAg MPd, usai penandatanganan kesepakatan kerjasama untuk memajukan Pramuka Aceh Timur, di Aceh Timur, Selasa (6/9/2022).

ACEH TIMUR, metropesawat.id – Kegiatan Gladian Pimpinan Satuan atau Dianpinsat yang digelar oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Aceh Timur, selama empat hari resmi ditutup oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Aceh Timur, Saiful Basri SPd MPd, di Balai Diklat BKPSDM Aceh Timur, Selasa (6/9/2022) sore.

Setelah ditutup, dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Aceh Timur, dengan tiga institusi pendidikan yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Timur, dan Kementerian Agama Aceh Timur.

https://metropesawat.id/category/berita-aceh-timur/

Adapun para pihak yang menandatangani nota kesepakatan ini yaitu Dr Firman Dandy SE MSi, selaku Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Aceh Timur, kemudian Saiful Basri SPd MPd selaku Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Rahmatsah Putra SPd, selaku Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Timur, dan H Salamina SAg, MPd selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Timur.

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Aceh Timur, Dr Firman Dandy, mengatakan melalui kerjasama ini para pihak sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam rangka memperluas peran Gerakan Pramuka dalam pembangunan di bidang pendidikan kepramukaan pada gugus depan berbasis satuan pendidikan dan kebudayaan.

“MoU ini adalah payung hukum bagi kita untuk meningkatkan kerjasama dan optimalisasi pendidikan kepramukaan dengan semangat mengembalikan kembali kiblat Pramuka Aceh ke Aceh Timur yang pernah berjaya sebelumnya,” ungkap Firman Dandy.

Cut Abang dan Cut Akak Pengurus Kwarcab Pramuka Aceh Timur Foto Bersama

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Timur, Rahmatsah Putra, dan Kepala Kantor Kementerian Agama H Salamina, juga menyatakan siap mendukung kemajuan pendidikan kepramukaan di Aceh Timur.

“Alhamdulillah semua institusi pendidikan sudah sinergi dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Aceh Timur, karena itu melalui MoU kita harapkan ke depan Gerakan Pramuka Aceh Timur semakin berjaya, dan menjadi kiblat Gerakan Pramuka Aceh ke depannya,” ungkap Muslim Z SPd MPd, selaku Sekretaris Disdikbud Aceh Timur.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Aceh Timur, Saiful Basri, mengucapkan terimakasih kepada Cut Abang dan Cut Kak yang telah menggagas dan menyukseskan kegiatan Gladian Pimpinan Satuan ini, dan mengharapkan ilmu yang didapat peserta dalam kegiatan ini dapat diimplementasikan kepada Cut adik-adik, untuk mewujudkan generasi yang memiliki disiplin ilmu, berkarakter dan berprestasi.

Penyerahan piagam penghargaan kepada peserta berprestasi

Saiful juga mengajak institusi pendidikan, dan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan atau Kamabigus bersinergi untuk memajukan Gerakan Pramuka Aceh Timur agar lebih berprestasi.

Sebelumnya Mirzaini, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kwarcab Pramuka Aceh Timur, mengatakan kegiatan Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) tahun 2022 ini diikuti 64 peserta terdiri dari Pimpinan Sangga (Pinsa) dan Wakil Pimpinan Sangga (Wapinsa) dari 19 gugus depan atau satuan pendidikan tingkat sekolah menengah atas di Aceh Timur.[h]