Tinjau GSMS, Tim Kemendikbud RI Dukung Kemajuan Pendidikan dan Kebudayaan di Aceh Timur

oleh

ACEH TIMUR, metropesawat.id | Tim dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi berkunjung ke Aceh Timur, dalam rangka meninjau penyerapan program pementasan dan pameran Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS).

Mereka yang berkunjung ke Aceh Timur yakni, Dr Siti Koirmafiya SSos MSi, dan Meiliza Muzdalifah, perwakilan dari Tim Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kemendikbud, Riset dan Teknologi RI.

https://metropesawat.id/category/berita-aceh-timur/

Mereka disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh Timur, Saiful Basri SPd MPd, Plt Kabid Kebudayaan, Suriadi SE, Ketua Majelis Pendidikan Aceh (MPA) Aceh Timur, M Nurdin Djalil, Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Abdul Manaf, Korwil Idi, kepala sekolah, seniman dan ketua majelis dewan seni.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri SPd MPd, mengatakan kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) ini diikuti 15 sekolah tingkat SD dan SMP.

Kegiatan ini, katanya, bertujuan untuk meningkatkan minat bakat peserta didik di bidang seni budaya, menjalin kerjasama dan sinergi antara sekolah dengan seniman, menumbuhkan budaya sekolah yang sehat menyenangkan dan mengasikkan, mencerdaskan dan menguatkan.

Selain itu, untuk membentuk karakter dan membangun sikap kreatif aspiratif dan inovatif peserta didik, meningkatkan ekosistem sekolah yang berbudaya, melestarikan dan memanfaatkan nilai budaya dan objek pemajuan kebudayaan.

Kadisdikbud Aceh Timur juga berharap program GSMS ke depan dapat terus berlanjut dan lebih banyak lagi sekolah yang dilibatkan, untuk menggali potensi siswa dan konsentrasi sekolah sesuai dengan tujuan dari penerapan kurikulum merdeka.

Sementara itu, Perwakilan tim dari Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud RI, Dr Siti Koirmafiya SSos MSi, mengaku sangat senang bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah khususnya Disdikbud Aceh Timur, dalam penerapan program Gerakan Seniman Masuk Sekolah.

Pihaknya berharap program GSMS yang perdana digelar di Aceh Timur tahun ini dapat terus berlanjut untuk membangun kemajuan kebudayaan.”Kita berharap kegiatan GSMS bisa berlanjut untuk membangun dan menguatkan karakter anak bangsa.

Tidak hanya soal karya seni, tapi melalui kegiatan ini kita ingin mendidik anak-anak kita agar tertanam nilai nilai budaya seperti sikap toleransi, kebersamaan, gotong royong, yang semua ini sangat penting untuk diterapkan pada generasi di masa yang akan datang,” ungkap Dr Siti Koirmafiya.

Dr Siti Koirmafiya juga mengaku akan mendukung setiap program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur ke depannya untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan di daerah.

Sementara itu, Plt Kabid Kebudayaan Disdikbud Aceh Timur, Suriadi mengatakan acara Pementasan dan Pameran Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) ini untuk melihat kemampuan para peserta didik yang telah dilatih dan dibina oleh para seniman masuk sekolah.

Kegiatan ini diikuti 150 siswa dari 15 sekolah tingkat SD dan SMP, dengan menampilkan seni pertunjukan (seni musik, tarian, dan teater), seni rupa, seni media, seni sastra, dan atau nilai budaya dan objek pemajuan kebudayaan lainnya.[h]