168 Siswa Tingkat SMP di Aceh Timur Ikut Perkemahan Pramuka Penggalang

oleh

ACEH TIMUR, metropesawat.id | Sebanyak 168 peserta dari 84 SMP dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur mengikuti perkemahan Pembinaan Pramuka tingkat penggalang.

https://metropesawat.id/category/berita-aceh-timur/

Kegiatan perkemahan tersebut di pusatkan di SMPN 1 Peudawa Aceh Timur selama tiga hari sejak Sabtu (17/09/2022) sampai dengan Senin (19/09/2022).

Perkemahan pembinaan Pramuka tingkat penggalan yang dilaksaksanakan oleh PSMP dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur Saiful Basri, S.Pd, MPD pada Sabtu (17/09/2022) di halaman SMPN 1 Kecmatan Peudawa.

“Kegiatan perkemahan dan pembinaan ini dilaksanakan bertujuan untuk memajukan Pramuka ditingkat penggalang di seluruh SMP dalam wilayah Aceh Timur,” kata Saiful Basri.

Katanya, Pramuka adalah alat pendidikan yang bisa mendidik anak generasi bangsa menjadi anak-anak yang bisa diharapkan, unggul, tangguh, cakap, memiliki sopan santun, taat aturan dan senantiasa bertakwa kepada Allah SWT.

Saiful Basri yang juga Ka Kwarcab Pramuka Aceh Timur, Ia berharap kegiatan perkemahan Pramuka tingkat penggalang ini dapat berlanjut setiap tahunnya.

“Insya Allah ditahun selanjutnya kegiatan perkemahan dan pembinaan seperti ini dapat berpindah ke lokasi SMP lainnya di Aceh Timur,” ujarnya

Saiful Basri menambahkan bahwa, kegaitan ini juga merupakan kegiatan yang dapat menjalin silaturrahmi antar penggalang di seluruh SMP dalam wilayah ini.

Sementara itu, Kabid PSMP Dinas Pendidikan Aceh Timur, Fadriansyah, S.Pd, menyampaikan bahwa, perkemahan dan pembinaan ini diikuti 168 perserta dari 86 SMP dalam wilayah Aceh Timur,

“Setiap SMP mengirim peserta Parmuka Penggalang satu siswa dan satu siswi. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari,” demikian ungkap Frediansyah.

Sebelumnya Mirzaini Kapus Diklatcab Kwarcab Aceh Timur disela-sela kegiatan mengatakan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pihak PSMP Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur yang telah melaksanakan kegiatan perkemahan tingkat penggalang ini.

“Ya, ini merupakan momentum tarbaik setelah pandemi Covid-19 untuk membangkitkan kembali gerakan Pramuka tingkat Penggalang dalam wilayah Aceh Timur,” sebut Mirzaini.

Selain itu Mirzaini juga menambahkan, untuk mendukung kegiatan perkemahan dan pembinaan pramuka tingkat SMP ini ini, pihaknya menugaskan sedikitnya 10 orang Pemateri dan 10 orang unsur dewan kerja lapangan dari Kwarcab Pramuka Kabupaten Aceh Timur.

“Harapan kita pihak PSMP dapat melaksanakan kegiatan perkemahan ini rutin setiap tahun. Sehingga semangat Pramuka bagi generasi Aceh Timur dapat bangkit kembali setelah dihantam prahara pandemi Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir ini,” demikian pungkas Mirzaini. [Iska].