Saiful Basri Buka Pembinaan Pramuka, Diikuti 168 Peserta dari 84 SMP

oleh

ACEH TIMUR, metropesawat.id –Pembinaan kepramukaan guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta mengembangkan pengetahuan siswa siswi tentang kepramukaan.

Demikian disampaikan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Aceh Timur, Saiful Basri, S.Pd, M.Pd yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud ) Kabupaten Aceh Timur saat Pembukaan Pembinaan Pramuka se-Aceh Timur yang diselenggarakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Peudawa, Sabtu (17/9/2022).

https://metropesawat.id/category/berita-aceh-timur/

Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membentuk sikap dan perilaku dari siswa siswi, dan beliau juga berharap kegiatan seperti ini bisa terus terlaksana secara rutin.

Saiful juga mengungkapkan selain meningkatkan pengetahuan tentang kepramukaan kegiatan ini juga mendorong terciptanya atau terbentuknya karakter sopan dan santun untuk siswa siswi.

Lanjutnya, kegiatan ini dikemas dalam kegiatan yang menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan Metode Kepramukaan bertujuan akhir pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti serta berprestasi.

Hal ini sebagaimana yang pernah disampaikan Saiful Basri saat penanda tanganan kerjasama empat institusi pendidikan beberapa waktu lalu di Aceh Timur, khususnya tentang implementasi kepada anak didik untuk mewujudkan anak didik yang memiliki disiplin ilmu, berkarakter dan berprestasi.

Sementara itu, panitia pelaksana yang juga Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (Kabid PSMP) Fadriansyah, S.Pd mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter dan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.

Adapun materi yang diberikan tentang kepramukaan dan organisasi diantaranya, peran Pramuka dalam pelestarian lingkungan, materi kesakaan, materi gerakan Pramuka dan lain sebagainya.

Selain penyampaian materi-materi, juga ada malam keakraban dengan permainan-permainan seru sehingga terjalin keakraban antar peserta.

Kegiatan ini dikuti dari 84 SMP yang ada di Kabupaten Aceh Timur dengan masing-masing sekolah mengirimkan 2 (dua) orang peserta,

Kegiatan pembinaan kepramukaan diikuti 168 peserta, berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 17-192022.[Hasan Basri Maken]