Calon Panwascam Mulai Mendaftar Ke Bawaslu Aceh Timur

oleh


ACEH TIMUR, metropesawat.id | Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Aceh Timur mulai hari ini terlihat mulai kedatangan calon anggota Panwascam untuk mendaftar di Kantor Bawaslu setempat, Rabu (21/9/2022).

https://metropesawat.id/category/berita-aceh-timur/

Pendaftaran calon anggota Panwascam untuk menyukseskan  Pemilu serentak 2024 mendatang di Aceh Timur.

“Ya, calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk 24 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur hari sudah mulai mendaftar,”kata Ketua Bawaslu Aceh Timur Maimun turut didampingi Saifullah anggota komisioner diruang kerjanya kepada metropesawat.id, Selasa (21/9/2022).

Untuk kami mengajak Putra Putri terbaik Aceh Timur, untuk segera mendaftarkan diri sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” harap Maimun.

Katanya, mulai hari ini, sampai tanggal 27 September 2022 mendatang Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menerima pendaftaran calon Panwascam.

Maimun menyebutkan, setelah pendaftar memenuhi kuota yang dibutuhkan seperti pendaftar wanita 30 persen.

“Kemudian selanjutnya diumumkan peserta yang lolos seleksi administrasi yakni pada tanggal 12 Oktober 2022,” ujar Maimun.

Lalu, sebut Maimun tanggal 12-18 yakni merupakan masa tanggapan serta masukkan dari masyarakat terkait rekam jejak calon Panwascam.

“Tahap selanjutnya, mereka calon Panwascam mengikuti ujian (CAT) Computer Assisted Test, tanggal 14-16 Oktober 2022,” terang Maimun.

Lalu setelah hasil ujian tulis Computer Assisted Test akan diumumkan pada 17 Oktober 2022,” ungkap Maimun.

Setelah hssil ujian CAT kemudian akan diumumkan sebayak 6 orang yang lulus,” papar Maimun.

“Selanjutnya calon Panwascam mengikuti seleksi wawancara untuk ditetapkan menjadi  Anggota Panwascam sebanyak 3 orang disetiap Kecamatan,” ungkap Maimun.

Kemudian ke 3 orang anggota Panwascam yang lulus akan kita tetapkan dalam rapat pleno Komisioner Panwaslu Aceh Timur,” kata Maimun.

“Setelah ditetapkan, kemudian selanjutnya bagi peserta yang lulus diumumkan 25 Oktober 2022,” beber Maimun.

Maimun juga mengingatkan kepada pendaftar agar jangan percaya dengan pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengiming-imingi bisa meloloskan dengan meminta imbalan.

Teks Foto: Terlihat salah satu pendaftar sedang menyerahkan berkas yang diterima oleh sekretariat Bawaslu Aceh Timur. Foto | Iskandar Ishak.

“Karena pendaftaran dan seleksi ini tak dipungut biaya,” tegas Maimun.

Pinta Maimun, kepada peserta yang lulus seleksi administrasi, maka diminta untuk mempelajari materi seperti kepartaian, pengawasan pemilu, penyelenggaraan pemilu dan ketatanegaraan.

Menurut Maimun, materi tersebut penting bagi para peserta belajar demi mengikuti ujian Computer Assisted Test, (CAT).

Pada hari pertama pembukaan pendaftaran, diperkirakan seratusan yang mendaftar,” demikian pungkas Maimun. [Iska].